Komnas HAM Nilai Penggerebekan Teroris di Solo Langgar HAM


76788_foto_diduga_jasad_noordin_m_top_thumb_300_225 Setelah 9 tahun menjadi buronan teroris, Noordin M Top akhirnya tewas dalam penggerebekan di Solo, Jawa Tengah. Komnas HAM menilai keberhasilan Densus 88 tersebut terlalu vulgar dan melanggar hak asasi manusia.

“Penanganan terhadap terorisme sudah banyak sekali dilakukan, seharusnya Polri tidak boleh arogan dengan skenario dia sendiri dia harus mempertimbangkan semua masukan. Yang disesalkan adalah perlakuan dimana polri terlau counter terorism, terlalu vulgar,” ujar Wakil Ketua Bidang Internal Komnas HAM Ridha Saleh di Gedung Komnas HAM, Jakarta, Kamis (17/9/2009).

Ridha mengatakan, Penanganan masalah terorisme perlu dievaluasi agar masalah teroris ini tidak muncul masalah baru. Polri juga harus berhati- hati menangani teroris dan menghormati harkat dan martabat manusia.

“Ini cenderung membuat orang tidak simpatik bahkan membuat orang curiga sebenarnya agenda terorisme agenda seperti apa. Saya kira penanganan teroris oleh Densus harus dievaluasi agar tidak menimbulkan masalah baru,” imbuhnya.

Ketika ditanya mengenai apakah sudah ada prosedur penanganan khusus HAM terhadap tersangka teroris, Ridha mencontohkan Presiden Obama yang akan menutup penjara Guantanamo.

“Salah satu alasan obama menutup ingin mengeluarkan Guatanamo itu karena human rights. Di sana teroris diperlakukan tidak manusiawi,” pungkasnya.

sumber:yahoonews

4 tanggapan untuk “Komnas HAM Nilai Penggerebekan Teroris di Solo Langgar HAM”

  1. weleh KOMNASHAM….
    ga gampang nangkep noordin dlm keadaan hidup om…
    apa dg diteriaki “ANGKAT TANGAN, ANDA SUDAH TERKEPUNG” si nordin mau nyerah???
    kalo nurut gw sihh…
    baik membunuh 1 orang untuk selamatin 10 orang.
    untuk YTH Wakil Ketua Bidang Internal Komnas HAM Ridha Saleh, coba bayangkan kalo anak anda menjadi korban dr ledakan olh si norden, mungkin anda jg bilang itu melanggar komnasHAM…
    untuk masalah GUANTANAMO… ITU TERSANGKANYA UDAH DI DLM PENJARA, BEDA dg yg belum tertangkap. dan menurut gw, yg jd permasalahan nya kan penyiksaan di dlm penjaranya, BUKAN PENANGKAPAN nya…

    PERTANYAANnya…..
    APA SIH YG DIPERJUANGKAN KOMNASHAM???
    SIAPA SIH YG DIBELA KOMNASHAM???
    KOMNASHAM ITU DIBAWAH PEMERINTAHAN RI APA NDA SI??? (kalo iya BUBARIN aja, buang” duit negara aja).
    APA KOMNASHAM TETAP MEMBELA SEMUA PELAKU KEJAHATAN YG JELAS” TERBUKTI BERSALAH DAN MENGANCAM KEUTUHAN NKRI TERCINTA INI????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s