Cacing Berbulu, Spesies Baru Pemakan Bakteri


090923acacing Sembilan spesies cacing yang sebelumnya tidak diketahui ditemukan bersembunyi di bangkai-bangkai ikan paus di dalam laut. Saat itu mereka sedang berpesta memakan bakteri. Spesies baru itu adalah bristleworms atau cacing berbulu (polychaetes). Bristleworms memiliki bagian-bagian tubuh dan berada di antara banyak organisme laut.

Cacing-cacing itu menemukan tempat perlindungan di dalam samudera dekat permukaan laut. Termasuk di dalam liang di pasir pantai. “Pertama-tama saya pikir sangat menarik menemukan spesies baru dalam sebuah habitat yang tak banyak orang mengetahuinya. Dan kemudian kita mendapati banyak spesies baru,” kata mahasiswa yang sedang menyelesaikan disertasi di Universitas Gothenburg, Swedia seperti dikutip dari liveScience.com, Senin (21/9).

Wiklund mengidentifikasi empat cacing yang dia temukan di bangkai ikan paus di Taman Nasional Kosterhavet di Stromstad, Swedia. Lima spesies lainnya ditemukan di bangkai tulang ikan paus di pedalaman air di Pantai Calif. Bangkai ikan paus merupakan sumber makanan yang tak pernah diduga sebelumnya. Sama mustahilnya dengan menemukan kapan dan di mana cacing akan mati.(AIS/VIN)

sumber:liputan6.com

2 tanggapan untuk “Cacing Berbulu, Spesies Baru Pemakan Bakteri”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s