Mengapa Saefudin Zuhri Bisa Jadi ‘Next Noordin’


75661_syaifudin_zuhri_thumb_300_225Gembong teroris, Noordin M Top tamat. Penggerebekan polisi di Kampung Kepohsari, Mojosongo, Solo, Jawa Tengah pada 16-17 September 2009 mengakhiri hidup pria asal Malaysia itu.

Menurut Pengamat Teroris Al Chaidar, tewasnya Noordin tak berarti ancaman teror di Indonesia berakhir. Noordin punya jaringan dan pengikut yang kuat.

Ditanya siapa yang bakal jadi pengganti Noordin, Al Chaidar langsung menyebut satu nama, Saefudin Zuhri atau ustad Saefudin Jaelani.

“SJ, dia kuat,” kata Al Chaidar kepada VIVAnews, Rabu 30 September 2009.

Kata Al Chaidar, SJ punya kapastitas untuk jadi pengganti Noordin. “Dia seperti Noordin dalam masalah agama, dia juga bisa berhubungan dengan donatur,” tambah dia.

Selain itu, tambah dia, “SJ juga bisa merekrut dan membuat manajemen pergerakan.”
Menurut Al Chaidar, SJ direkrut sejak tahun 2002 oleh jaringan Noordin M Top. “Sudah tujuh tahun,” tambah dia.

Terkait dokumen dalam laptop Noordin, bahwa SJ adalah bagian dari jaringan Al Qaeda, diragukan Al Chaidar. “Itu aneh, dokumen bagi saya tidak riil karena dokumen-dokumen itu ditulis dengan power point, biasanya jarang membuat itu,” kata dia.

Meski SJ berpotensi jadi gembong teroris, pengganti Noordin, aparat tak cukup hanya mengejar dan menangkap dia. “Harus segera diluncurkan upaya-upaya deradikalisasi dan defundamentalisasi, sebab teroris adalah perpaduan dari radikalisasi dan fundamentalisasi,” tambah dia.

Dalam laptop yang Noordin, polisi menemukan tulisan SJ. SJ  menyebut dirinya punya posisi penting dalam jaringan Al Qaeda. “Sejak 2005 sampai saat ini, si abi punya posisi strategis jaringan Al Qaeda Asia Tenggara.”

Dalam pengeboman di Hotel JW Marriott dan Hotel Ritz Carlton 17 Juli 2009 lalu, SJ, seperti halnya iparnya, Ibrohim, punya peran penting.

Dia adalah pimpinan lapangan sekaligus perekrut pelaku bom, Dani Dwi Permana dan Nana Ikhwan Maulana.

SJ juga berperan merekam seluruh persiapan dan kejadian teror bom di dua hotel nahas tersebut. Di sela-sela proses rekaman pernyatan Dani dan Nana, SJ menyerukan kalimat, “Amerika hancur, Australia hancur, Indonesia hancur.”

VIVANEWS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s