Rumah di Dekat Pantai Ujung Kulon Rusak Akibat Gempa 6,4 (SR)


78014_pusat_gempa_ujung_kulon_300_225Gempa dengan kekuatan 6,4 pada skala richter (SR) kembali mengguncang Jawa Barat. Warga di pinggiran pantai Ujung Kulon panik.

“Kediaman kami hanya sekitar 1 kilometer dari pantai Ujung Kulon,” kata Edi Abdurrahman warga Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, kepada VIVAnews, Jumat, 16 Oktober 2009.

Warga di Kecamatan Sumur pun panik. Ini merupakan guncangan terbesar kedua yang dirasakan belakangan ini. Tetapi, guncangan ini dirasakan lebih besar. Edi dan keluarga langsung berhamburan keluar rumah.

“Tembok rumah kami juga terlihat retak-retak. Lampu, kaca, jendela semuanya terlihat goyang,” ujar dia.

Rumah yang didiami Edi ini berjarak sekitar 30 kilometer dari Taman Nasional Ujung Kulon. Untuk menuju Taman Nasional, biasanya warga setempat hanya menyusuri melalui garis pantai.

Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, gempa berkekuatan 6,4 SR itu terjadi sekitar pukul 16.52 WIB, Jumat, 16 Oktober 2009.

Pusat gempa diketahui berada di koordinat 6.79 Lintang Selatan – 105.11 Bujur Timur. Gempa terdeteksi berada di arah 42 km Barat Laut, Ujung Kulon, Jawa Barat. Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer.


vivanews

2 tanggapan untuk “Rumah di Dekat Pantai Ujung Kulon Rusak Akibat Gempa 6,4 (SR)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s